> FANPAGE > RSS > SITEMAP > TUKAR LINK

10 Pembelian Pemain Terbaik Sir Alex Ferguson

Red Mercenary | 5:17 PM, Monday, January 20, 2014 | |
United Greatest Player
United Greatest Player (Source : manutd.com)

Red-Mercenary - Banyak faktor yang dapat menunjang suatu klub sepakbola untuk meraih banyak trofi dan kesuksesan. Salah satunya ialah bagaimana kecerdikan dari pelatih dalam mengatur strategi serta meracik formasi permainan. Seperti yang kita ketahui bahwa pelatih berperan sangat vital bagi suatu klub, memutar otak dalam meramu pola-strategi bermain, menerapkan teknik pelatihan yang tepat, melakukan pendekatan pada pemain hingga mengambil kebijakan transfer secara tepat adalah suatu kewajiban bagi seorang pelatih untuk menunjang kesuksesannya maupun klub.

Hal ini pula yang tak lepas dari Sir Alex Ferguson, salah satu manajer terbaik sepanjang masa. Kejeliannya dalam berbelanja pemain menjadi salah satu penunjang kesuksesan Manchester United. Siapa sajakah pemain yang dianggap menjadi pembelian terbaik tersebut? berikut ini ialah 10 pembelian terbaik Manchester United versi Red Mercenary.

1. Peter Schmeichel: £750,000 dari Brondby
Peter Schmeichel
















Manchester United memboyong Schmeichel dari klub Denmark Brondby pada musim panas tahun 1991. Tanpa membutuhkan waktu lama Schmeichel langsung tampil gemilang dengan membawa United juara pada musim 1992-1993 dan mengakhiri puasa gelar United selama 26 tahun. Hebatnya lagi United mencetak rekor tak kebobolan di 22 pertandingan pada waktu itu. Sehingga tak aneh jika Fergie menyebut Schmeichel sebagai pembelian United terbaik dalam satu abad.


2. Eric Cantona: £1.2 juta dari Leeds
Eric Cantona
















Cantona dibeli Manchester United dari Leeds pada tahun 1992. Striker asal prancis ini total mencetak 82 gol dalam penampilannya bersama United selama lima musim lamanya. Pemain yang terkenal dengan tendangan kungfu pada supporter ini memang terkenal sedikit tempramental, untungnya prestasi Cantona sangatlah baik bersama United dia mempersembahkan empat gelar liga inggris. Bahkan pemegang nomor 7 di MU ini dinobatkan sebagai salah satu kapten terbaik United.



3. Cristiano Ronaldo: £12.25 juta dari Sporting Lisbon
Cristiano Ronaldo
















Bermula saat Manchester United mengadakan laga persahabatan di Lisbon 2003 silam, Sir Alex dan tim terpukau melihat talenta Cristiano muda saat itu. Dengan mahar 12.25 juta poundsterling Cristiano Ronaldo diboyong Fergie ke theater impian. Sempat diragukan karena usianya yang masih muda dan harus memikul peran yang ditinggalkan David Beckham, Ronaldo berhasil membayar kepercayaan Fergie dengan memberi berbagai gelar diantaranya Liga Champion pada tahun 2008. Hingga terakhir, kepindahannya ke Real Madrid menjadi transfer termahal dalam sepakbola saat itu.

4. Denis Irwin: £625,000 dari Oldham Athletic
Dennis Irwin
















Irwin didatangkan ke Old Trafford setelah Sir Alex terkesan dengan penampilannya bersama Oldham di FA Cup saat itu. Irwin merupakan bek handal dan juga sering membantu ke depan dalam menyerang. Irwin juga mendapat julukan 'Mr. Dependable' atau tuan yang selalu diandalkan, julukan ini dia dapat karena Irwin selalu dipercaya bermain, baik di klub atau di timnas negaranya yaitu Irlandia. Selama 12 tahun membela klub, sudah banyak gelar yang dia persembahkan baik di liga domestik atau liga champion. Pada tahun 2004 Irwin memutuskan untuk gantung sepatu dan sekarang kembali mengabdi untuk Manchester United sebagai presenter, dan penganalisa sepakbola di MUTV.

5. Ruud van Nisterlooy: £19 juta dari PSV Eindhoven
Van Nistelrooy


















Fergie resmi mengontrak Nistelrooy pada tahun 2000 namun transfernya harus tertunda selama satu musim dikarenakan Ruud mengalami cedera panjang waktu itu. Ruud dikontrak Sir Alex atas rekomendasi anaknya Darren Ferguson yang terpukau melihat penampilannya di Eredivisie. Transfer Ruud ke Manchester United menjadi yang paling mahal di liga Inggris waktu itu, tapi Nistelrooy membayarnya dengan mencetak 23 gol di musim perdananya dan menjadi top skor di musim berikutnya. Selama membela United, total Nistelrooy sudah mencetak 150 gol dalam 219 penampilannya.

6. Wayne Rooney: £27 juta dari Everton
Wayne Rooney

















Sir Alex memboyong Wayne Rooney dari Everton dengan harga yang cukup mahal untuk ukuran seusianya pada waktu itu. Rooney di plot Fergie untuk menjadi Partner di lini depan bagi Nistelrooy menggantikan Yorke yang memilih hengkang. Harga mahal yang dibayar United pun tidak sia-sia karena pada penampilan perdananya di United, Rooney mencetak Hat-trick ke gawang Fenerbahce. Setelah pertandingan itu, gol-gol Rooney terus bertambah hingga mampu melampaui pendahulu-pendahulunya di Manchester United. Total sudah 208 gol Rooney cetak dalam 426 pertandingan, di umurnya yang saat ini 28 tahun tidak menutup kemungkinan Rooney akan terus menambah golnya lebih banyak lagi. Sehingga Rooney bisa dibilang sebagai legenda dan salah satu pembelian terbaik Manchester United.

7. Roy Keane: £3.75 juta dari Nottingham Forest
Roy Keane















Manchester United berhasil memenangkan persaingan dengan klub-klub elit lain untuk mendapatkan Roy Keane yang saat itu berusia 19 tahun. Setelah Keane resmi hijrah ke United, pemain yang tempramental ini tidak langsung mendapat kesempatan di skuad inti, namun perlahan tapi pasti penampilan Keane semakin membaik dan Fergie pun menaruh kepercayaan kepadanya untuk menggantikan peran Robson yang waktu itu mengalami cedera. Keane selalu tampil apik dengan visi bermain yang baik dan gaya bermain yang sedikit keras, Keane pun akhirnya diberikan kepercayaan untuk main di skuad inti dan memegang ban kapten Manchester United. Total sudah sembilan gelar liga domestik dia persembahkan untuk Manchester United.

8. Ole Gunnar Solskjaer: £1.6 juta dari Molde
Solskjaer















Sempat diragukan fans saat didatangkan ke Old Trafford karena pamornya yang tidak begitu meroket, Solskjaer menyangkal semua keraguan tersebut dengan tampil gemilang. Solskjaer sendiri memang terkenal sebagai pemain yang pandai memanfaatkan kesempatan dan memiliki intelejensi baik ketika bermain khususnya di lini serang. Hal yang pasti akan selalu diingat dari 'baby faced assassins' ini ialah gol penentu kemenangan United saat liga champion tahun 1999 di Munich dan membuat United mampu meraih treble winner di musim tersebut.

9. Edwin van Der Sar: £2 juta dari Fulham
Van Der Sar














Saat diboyong ke Old Trafford usia Edwin memang tak lagi muda, yakni 34 tahun. United sebenarnya sudah cukup lama mengincar Edwin, namun dia mengungkapkan jika dirinya belum siap dan lebih memilih hijrah ke Fulham. Setelah beberapa waktu menyesuaikan diri dengan atmosfer Liga Inggris, akhirnya Edwin hijrah ke Old Trafford, dan berkat penampilannya yang gemilang Edwin pun pernah dinobatkan menjadi kiper terbaik liga Inggris tahun 2006-2007 saat United menjuarai Premier League. Sir Alex Ferguson pun pernah mengatakan bahwa Edwin adalah kiper terbaik yang pernah dimiliki United setelah Schmeichel.

10. Steve Bruce: £825,000 dari Norwich
Steve Bruce

















Tidak banyak pemain yang berposisi  sebagai bek tengah yang dapat mencetak total 19 gol dari semua kompetisi dalam satu musim, tapi Bruce mampu melakukannya di tahun 1990-1991. Ya, meskipun berposisi di sentral pertahanan tapi Bruce sering mencetak gol, bahkan gol tersebut merupakan penentu kemenangan bagi United. Satu yang diingat dari pemain yang diboyong dari Norwich ini ialah saat dia mencetak dua gol di menit akhir ketika United melawan Sheffield, dan menjadikan pertandingan ini salah satu comeback terbaik United sepanjang masa.

Lalu menurut kamu siapa pembelian terbaik Sir Alex bersama United ?


Comments
0 Comments

Silahkan Berkomentar Disini !
Mohon Maaf Untuk Versi Mobile Komentar Blog Non-aktif, Silahkan Gunakan Komentar Facebook.