> FANPAGE > RSS > SITEMAP > TUKAR LINK

10 Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Futsal

Red Mercenary | 4:04 PM, Friday, February 14, 2014 | |
Nike Futsal
Nike Futsal (Source : 10wallpaper.com)

Red-Mercenary - Olahraga futsal sangatlah populer dan banyak digemari sejatinya saat ini di Indonesia khususnya. Kalangan tua atau pun muda banyak yang menggemari olahraga yang satu ini, karena tidak membutuhkan lapang yang luas seperti sepakbola biasa secara umum.

Tingginya minat masyarakat pada futsal inilah yang membuat para pengusaha berbondong-bondong membuat jasa penyewaan lapang futsal, maka tak aneh jika di kota-kota besar sangatlah mudah kita untuk mencari tempat sewa lapang futsal dengan harga yang cukup terjangkau. Dampaknya, futsal kini menjadi bagian dari rutinitas masyarakat Indonesia umumnya. Oleh karena itu, agar olahraga futsal yang kita lakukan aman dan bermanfaat kami akan coba ulas di 10 Hal yang perlu diperhatikan dalam Futsal versi Red Mercenary.

Sebelum futsal :

1. Pemanasan

Biasakanlah pemanasan terlebih dahulu teratur dari anggota tubuh bagian atas hingga ke bawah sebelum futsal agar tidak terjadi kram atau cedera otot saat bermain. Saat pertama masuk lapang jangan biasakan langsung melakukan tendangan-tendangan keras, karena dapat menyebabkan urat atau otot kita tertarik dan fatal akibatnya. Jika kamu malas pemanasan, minimal cobalah dengan lari-lari kecil atau melakukan passing pendek agar otot tidak kaku.

2. Tidak makan berat



Tidak banyak makan berat sebelum futsal, karena bisa menyebabkan rasa nyeri pada perut. Oleh karena itu usahakan atur pola makan kita, makan minimal 45-60 menit (lebih lama lebih baik) sebelum kita berolahraga. Karena perut kita normalnya dalam mencerna makanan membutuhkan waktu 12-24 jam (sumber : biologi-sel.com), cukup lama bukan? jadi berikanlah waktu bagi perut untuk mencerna makan sebelum kita berolahraga.






3. Gunakan peralatan futsal

Persiapkanlah peralatan futsal dengan baik sebelum memulai bermain. Pertama sepatu, biasakan gunakan sepatu karena dapat melindungi kaki kita dari benturan dan gesekan yang dapat menyebabkan pendarahan. Gunakanlah sepatu futsal jangan sepatu bola atau yang memiliki pull, selain karena tidak diperkenankan digunakan dalam futsal, sepatu pull bisa membahayakan kaki teman. Kedua decker kaki atau protector, yang ini sifatnya sekunder karena dalam futsal lawan akan jarang melakukan sliding tackle, tapi lebih baik kita menggunakannya untuk melindungi tulang kering kaki kita dari benturan.

Saat futsal:

4. Passing-passing pendek

Lapangan futsal lebih kecil dibanding sepakbola, oleh karena itu passing-passing pendek menjadi senjata ampuh untuk membongkar pertahanan lawan. Kurangi bermain dengan memanfaatkan bola-bola jauh, tapi jika terpaksa memainkan bola udara gunakan teknik lofted pass atau mencungkil bola sehingga dapat mudah diterima oleh rekan setim kita. Perlu diingat pula saat melakukan operan pendek usahakan bola yang kita berikan datar dan diberi sedikit tenaga agar laju bola cukup kencang, gunanya agar mudah di kontrol rekan dan tidak mudah di potong oleh lawan.

5. Atur nafas dan stamina

Tempo cepat saat futsal membuat stamina kita cepat terkuras, oleh karena itu aturlah nafas dan staminamu saat bermain. Caranya bisa dengan mengedepankan prinsip kerjasama tim daripada skill individu apabila tidak memungkinkan. Kalau kamu sulit menembus pertahanan lawan jangan memaksakan diri, tetapi lakukanlah passing ke rekan setim. Jika ingin staminamu selalu prima, latihlah dengan cara melakukan jogging secara rutin dan hindari konsumsi rokok.

6. Bermain cerdas

Tempo permainan futsal relatif cepat, oleh karena itu dibutuhkan pemikiran dan kreativitas yang cepat pula. Apabila kamu mendapat bola, kamu harus cepat berpikir untuk bisa mengoper kepada rekan yang tidak dijaga lawan dan berlari ke arah ruang kosong setelahnya. Artinya, dalam permainan futsal penempatan diri dan gerak refleks-lah yang harus dikedepankan.

7. Menguasai bola

Dalam futsal usahakan kita menyambut bola bukannya menunggu bola, artinya kita harus selalu berada dalam posisi siap menerima bola dan tidak menunggu bola datang karena jika kita menunggu bola datang maka akan mudah di potong lawan. Dalam futsal, ada satu teknik dalam menahan bola yakni usahakan bola yang datang kita jepit menggunakan alas sepatu, fungsinya agar bola tidak liar sehingga direbut lawan.

8. Mencetak gol


Kekuatan menendang dan derasnya laju bola dapat menjadi senjata efektif untuk mencetak gol dalam futsal. Agar tendangan kita kencang, usahakan hindari tendangan dengan teknik placing. Karena placing hanya berguna saat satu lawan satu dengan kiper saja. Apabila kita ingin menendang dari jarak yang cukup jauh, gunakanlah depan kaki atau istilahnya "menconcong" atau "mempancong" bola. Meskipun begitu urusan mencetak gol tidak lepas dari keberuntungan.
(sumber gambar: sma11mks.com)


Hal-hal diluar futsal:

9. Pendinginan

Sehabis berolahraga sebaiknya kita melakukan pendinginan, bisa dengan cara seperti melakukan pemanasan tetapi dengan bobot yang lebih ringan, serta dengan melakukan peregangan anggota badan. Fungsi dari pendinginan ialah agar detak jantung bekerja kembali normal, mengurangi asam laktat dalam otot sehingga otot dapat digunakan kembali untuk aktivitas lain.

10. Waktu bermain futsal

Waktu ideal untuk berolahraga ialah pagi hari karena saat dimana stamina dan kondisi tubuh kita masih prima. Sedangkan orang yang sibuk biasanya memanfaatkan waktu malam untuk melakukan futsal, meskipun begitu memang manfaat yang kita dapat dari futsal baik pagi atau malam tetap sama saja. Tetapi ada hal yang perlu diperhatikan saat kita berolahraga pada malam hari, yaitu pertama jangan minum air dingin yang bersuhu sekitar suhu es karena bisa memicu penyakit flu dan tenggorokan. Kedua jangan langsung mandi sehabis futsal malam, keringkan dulu keringat dari badan kita dan beristirahatlah dulu beberapa saat karena jika kita mandi saat pori-pori tubuh membuka dapat memicu penyempitan pembuluh darah. Serta perlu dipertimbangkan pula untuk futsal di malam hari, karena sering kita temui kasus artis meninggal sehabis futsal malam hari, meskipun urusan usia sih hanya Allah SWT yang berhak mengatur.
(sumber: health.detik.com)


Comments
0 Comments

Silahkan Berkomentar Disini !
Mohon Maaf Untuk Versi Mobile Komentar Blog Non-aktif, Silahkan Gunakan Komentar Facebook.