> FANPAGE > RSS > SITEMAP > TUKAR LINK

Film Disney Up Berdasarkan Kisah Nyata?

Red Mercenary | 12:38 AM, Friday, June 20, 2014 |
Rumah Edith Macefield
Rumah Edith Macefield (Source : jpnn.com)

Red-Mercenary - Tahu film Disney Up? para penggemar film animasi Disney pasti sudah pernah menonton film yang satu ini. Film yang mengkisahkan tentang Rusell, Carl Fredericksen, dan Ellie ini memang sangat menginspirasi dan menyentuh hati.

Tapi bagaimana jika cerita dalam film peraih berbagai penghargaan ini ternyata benar ada di kehidupan nyata? Tepatnya di sebuah rumah kecil yang terletak di sudut antara Northwest 46th Street dan 15th Avenue, di Ballard, Seattle. Rumah ini terjepit diantara Trader Joe dan LA Fitness.

Edith Macefield\s House

Usut punya usut ternyata rumah yang telah berusia kurang lebih seratus delapan tahun ini pernah ditinggali oleh seorang wanita tua bernama Edith Macefield. Nyonya Edith ini dikenal memiliki perangai keras kepala layaknya tokoh Fredericksen dalam animasi Up.

Awal mulanya seorang pengusaha berniat mengubah rumah Edith menjadi gedung untuk kepentingan komersil. Namun Edith yang keras kepala ini bersikukuh enggan menjual rumahnya. Bahkan, uang 1 juta dollar amerika pu ia tolak pada tahun 2006. Hasilnya, di persekitaran kediaman Edith kini sudah menjadi kompleks usaha dan rumah yang ia anggap bersejarah ini arus terjepit diantara gedung-gedung tinggi seperti rumah pada film Up.

"Saya tidak ingin pindah, Aku tidak butuh uang. Uang tidak berarti apa-apa, ", kata Edith saat itu.

Edith sendiri diketahui telah menempati rumahnya tersebut sejak tahun 1950. Bisingnya pengerjaan proyek di gedung sebelah rumahnya tak sedikit pun mengusiknya. Edith lebih senang menghabiskan waktunya dengan menonton televisi atau musik opera favoritnya menurut kesaksian Barry Martin, seorang pegawai senior yang sering mengunjungi Edith.

Aku telah mengalami sendiri Perang Dunia II, kebisingan tidak mengganggu saya", katanya.

Setelah Edith meninggal, Barry-lah yang menceritakan semua kisah tentang Edith. Semasa hidup Edith, Barry sering mengunjungi Edith untuk merawatnya, memberi makanan ataupun hanya untuk sekedar bercakap-cakap menemani Edith yang kondisinya semakin memburuk kala itu.

Saya pernah mendengarkan cerita luar biasa tentang dirinya sebagai mata-mata dalam Perang Dunia II, tentang melarikan diri dari sebuah kamp konsentrasi, tentang bergaul dengan Jean Harlow dan Charlie Chaplin", Ujar Barry Martin.

Foto Edith tahun 1961
Barry Martin

Edith pun akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada Juni 2008 disebabkan kanker pankreas yang dideritanya. Sepeninggalnya, Edith mewariskan rumahnya pada Barry Martin yang kemudian di jual kepada Greg Pinneo.

Saat pertama kali rumah ini terjual, Greg mengubahnya menjadi kantor untuk menjalankan perusahaan real estate. Hingga terakhir pada bulan Oktober 2012, rumah ini mengalami alih fungsi menjadi basecamp untuk sebuah komunitas.

Rumah Edith Macefield
Rumah Fredericksen di film Up

Kisah ini lah yang kini menginspirasi film Disney Up. Edith yang keras kepala menginspirasi pembuatan tokoh Fredericksen yang memiliki watak yang sama dengan dirinya.

Sedangkan tampak fisik Fredericksen bukan diambil dari tampak fisik Edith, melainkan diambil dari wajah Spencer Tracy yang merupakan seorang aktor lawas Amerika seperti yang dilansir di wikipedia. Dari perpaduan Edith dan Spencer ini-lah akhirnya tercipta tokoh Carl Fredericksen dalam cerita.


Spencer Tracy
Carl Fredericksen di film Up

Disadur dari tulisan evolve di Kaskus , Wikipedia, dan berbagai sumber.
Alamat gambar : Wikipedia, Filmclub.es


Comments
0 Comments

Silahkan Berkomentar Disini !
Mohon Maaf Untuk Versi Mobile Komentar Blog Non-aktif, Silahkan Gunakan Komentar Facebook.

Streaming
Spekulasi
Classic
Toko Jersey